Sunday, May 23, 2010

Facebook bisa menghasilkan uang

Apakah Anda sedang memikirkan cara untuk menambah pelanggan usaha butik milik Anda? Atau bagi Anda yang berstatus karyawan, apakah baru-baru ini bos meminta saran untuk meningkatkan penjualan? Jika ya, maka cara ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk dilakukan: akrabkan diri Anda dengan Facebook, Twitter, dan layanan jejaring sosial lainnya. Mungkin Anda sudah sedikit ketinggalan. Coba sebutkan satu restoran terkenal yang pernah Anda kunjungi. Kemungkinan besar, restoran tersebut sudah memiliki fan-page di Facebook. Pikirkan satu orang penulis terkenal yang masih hidup.

Harusnya ia memiliki akun Twitter agar namanya tetap nomor satu di kepala para penggemarnya. Jadi kalau Anda mempunyai sebuah usaha tapi belum memanfaatkan fasilitas situs jejaring sosial untuk memasarkannya, maka Anda sudah ketinggalan.

Pemanfaatan situs jejaring sosial sebagai medium baru untuk memasarkan produk dan jasa memang terlihat booming di Indonesia belakangan ini. Bibit-bibitnya memang sudah mulai terlihat sejak jaman Friendster, dengan beberapa band yang melakukan interaksi dengan fansnya. Namun, jika Anda baru mempelajarinya hari ini, masih ada kemungkinan bagi produk Anda untuk menjadi kesayangan masyarakat dunia maya.


Kenapa Harus Memilih Situs Jejaring Sosial?
Alasan pertama adalah, karena internet adalah masa depan. Bagaimana tidak, hampir semua informasi ada di dalam dunia maya. Menurut Asia Digital Marketing Association Yearbook 2009, kini anak-anak muda mulai mengubah konsumsi media mereka dari media cetak atau siar ke media online. Dunia maya menjadi tempat baru bagi orang untuk berkumpul, dan apa yang ada di dunia maya akan diketahui oleh mereka.

Namun, persebaran penghuni dunia maya kini masih terfokus pada situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Plurk, Friendster, dan lainnya. Hal ini dikarenakan jejaring sosial dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk terhubung satu sama lain dan berinteraksi dalam level personal dimanapun mereka berada. Sehingga, untuk saat ini, strategi terbaik untuk mengenalkan produk adalah melalui jejaring sosial.

Kekuatan Jejaring Sosial dalam Memasarkan Produk

Apakah syarat pertama agar orang mau menggunakan produk Anda? Tentu saja, orang harus menyadari kalau produk Anda itu ada di dunia ini. Jika mereka tidak mengenali produk Anda, maka tak mungkin ada rasa ketertarikan, apalagi keinginan untuk menggunakannya.

Apa yang terjadi jika seseorang membuka akun Facebook, Friendster, atau Twitter-nya dan menemukan produk Anda di sana? Jelas terjadi sebuah exposure yang akan mengarah pada terciptanya awareness. Peluang action untuk membeli produk itu pun tercipta.

Ada beberapa keunggulan lain dari situs jejaring sosial. Tidak hanya dapat menciptakan awareness dan representasi nyata dari sebuah produk, namun interaksi langsung dengan para konsumen dapat terjadi pada level yang lebih personal. Bonusnya lagi, efek dari viral marketing pun dapat terjadi, seperti menjadi topik pembicaraan pada konsumen di situs jejaring sosial atau yang dikenal sebagai word-of-mouth. Hal ini dapat terjadi saat seseorang yang telah menggunakan produk Anda, memberikan pujian terhadap produk Anda di sana. Percayalah, calon pelanggan Anda lebih percaya pada kesaksian satu orang yang puas pada pelayanan Anda daripada sepuluh promosi dari Anda.

Saat ini, word-of-mouth adalah salah satu kekuatan promosi terbesar di Indonesia. Tentu ada strategi tertentu untuk meningkatkan word-of-mouth (misalnya, memberikan contoh produk pada orang yang aktif di jejaring sosial). Kekuatan lain dari pemasaran melalui jejaring sosial adalah teknologi ini mudah diukur dengan biaya yang lebih ringan. Indeks keberhasilan strategi dapat ditentukan dan diatur dengan mudah, misalnya dengan memperhatikan views, respon, komentar, jumlah fans, followers, dan sebagainya.

Kekuatan terakhir dari situs jejaring sosial adalah membuat pertemanan Anda ikut menjadi modal usaha. Jika teman Anda tidak memerlukan produk Anda, orang lain yang berkaitan dengannya di Facebook, Twitter, atau Friendster dapat ikut melihat penawaran Anda. Hal ini membuat orang itu ikut menjadi calon pelanggan potensial Anda.

Memasuki era digital yang semakin kuat di tahun 2010, tentu saja dunia maya akan semakin dipenuhi oleh persaingan brand-brand yang menjajal ranah dunia maya, terutama ranah jejaring social. Pemenangnya tentu saja adalah brand-brand yang pandai memanfaatkan medium tersebut, dari mulai interaksi hingga mengatur target yang hendak dicapai. Akankah brand favorit Anda atau brand milik Anda sendiri mampu menjadi pemenangnya?

Sumber : Ruang psikologi.com

No comments:

Post a Comment